Indigo


Apakah anda seorang anak indigo yang memiliki kemampuan supranatural? Mau tahu sumber kekuatannya itu? Berikut pendapatnya : 

Dalam supranatural dan spiritual menurut ontuhedo, kemampuan supranatural seseorang bukan penilaian untuk disebut indigo. Karena indigo asli bukan dinilai dari aura dan bisa melihat alam gaib, melainkan warna jiwa. Yang menyebut dirinya indigo kemampuan supranatural melihat makhluk halusnya cenderung terikat dengan iblis negatif.

Dalam religi, ada yang menyebutkan kemampuan supranaturalnya dipengaruhi oleh jin nasab atau jin yang mengikutinya.

Dalam psikologi,  terbagi 2 pendapat. Positif, karena memiliki potensi kecerdasan. Negatif karena adanya pengaruh ADD dan ADHD.

Namun religi dan psikologi tidak bisa menjelaskan tentang supranatural terlalu jauh, karena terikat sistem kepercayaan dan keterbatasan meneliti hal non fisik.

***

Sejarah anak indigo. Mari kita lanjutkan pembahasan ini jauh lebih dalam lagi, silahkan bagi yang berkenan untuk memahaminya. 

Pengertian anak indigo : 

Menurut Paranormal Nancy Ann Tappe “anak yang memiliki aura nila atau indigo”

Menurut salah satu sistem religi “Seseorang yang tertipu oleh sihir bangsa jin, akibat dari adanya jin yang mengikutinya”.

Sarah W. Whedon, “alternatif para orang tua untuk menjelaskan anaknya ADD dan ADHD.”

***

Asal usul anak indigo : 

Cenayang Nancy Ann Tappe awal mula memunculkan sebutan konsep anak indigo di tahun 1970-an. Dan Pada tahun 1982, Tappe menerbitkan buku Understanding Your Life Through Color yang menerangkan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, dia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura "indigo" (dalam publikasi lain Tappe juga mengatakan bahwa warna indigo atau nila berasal dari "warna kehidupan" anak yang ia dapatkan melalui sinestesia).

Menurut Tappe dan paranormal lainnya, anak-anak ini memiliki warna nila, aura ungu lebih gelap dan dari warna aura itulah mereka disebut “anak indigo”.

Lee Carroll dan Jan Tober, mempopulerkan gagasan Nancy melalui buku mereka yang berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived pada tahun 1998. 

Tober dan Carroll berpendapat, anak indigo mungkin tidak memiliki performa yang baik di sekolah karena menolak mengikuti aturan, lebih pintar (atau lebih matang secara spiritual) dari guru mereka, dan kurang tanggap terhadap disiplin yang didasarkan pada rasa bersalah, ketakutan atau manipulasi.

Beberapa ciri anak indigo adalah:

  • Empatik, penuh keingintahuan, berkeinginan kuat, independen, dan sering dinilai aneh oleh teman dan keluarga
  • Mengenal dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
  • Memiliki spiritualitas di bawah sadar yang kuat semenjak dini
  • Meyakini bahwa dirinya layak untuk berada di dunia.

Beberapa ciri lain adalah:

  • Memiliki IQ yang tinggi, mempunyai kemampuan intuitif, dan
  • Sering menolak mengikuti aturan atau petunjuk.

Interpretasi mengenai indigo ada bermacam-macam: dari yang meyakini bahwa mereka adalah tahap evolusi manusia selanjutnya (yang bahkan mempunyai kemampuan paranormal seperti telepati) hingga yang menyebut anak indigo sebagai anak yang lebih empatik dan kreatif.

***

Jalur ilmiah atau psikologi : 

Meskipun tidak ada satu bukti penelitian pun yang membuktikan keberadaan anak indigo atau sifat mereka, fenomena ini menarik perhatian orang tua yang anaknya didiagnosis mengalami kesulitan belajar atau yang ingin anaknya spesial. 

Kritikkan : Sumber wikipedia.

Kaum skeptik memandangnya sebagai cara orang tua menghindari penanganan pediatrik atau diagnosis psikiatrik yang tepat. 

Sarah W. Whedon meyakini bahwa orang tua melabeli anak mereka sebagai "indigo" sebagai penjelasan alternatif bagi ADD dan ADHD anak mereka.

Daftar sifat yang dimiliki anak indigo juga dikritik karena terlalu umum sehingga dapat diterapkan untuk hampir semua orang (efek Forer). 

Fenomena indigo dituduh pula sebagai alat untuk menambang uang dari orang tua yang mudah ditipu.

Russell Barkley seorang psikolog berpendapat, pergerakan Zaman Baru belum menghasilkan satu bukti pun mengenai keberadaan anak indigo, dan 17 sifat yang dikaitkan dengan anak indigo itu merupakan efek Forer (atau dalam kata lain, terlalu umum sehingga dapat dikaitkan dengan banyak orang). 

Konsep indigo dikritik terdiri dari sifat-sifat yang terlalu umum, dan juga dianggap sebagai diagnosis palsu yang sama sekali tidak didukung oleh sains.

Doreen Virtue & James Twyman sebagian tokoh pendukung indigo, mengakui kurangnya dasar ilmiah untuk konsep indigo.

Ahli kesehatan kejiwaan juga khawatir karena pelabelan indigo dapat menghambat diagnosis dan penanganan yang tepat yang dapat membantu sang anak.

Ahli lain juga menyatakan bahwa sifat-sifat anak indigo dapat diinterpretasikan sebagai pembangkangan dan kewaspadaan belaka.

Nick Colangelo, profesor di Universitas Iowa, menyatakan bahwa buku indigo pertama seharusnya tidak diterbitkan, dan bahwa "...pergerakan anak indigo itu bukan mengenai anak-anak, dan juga bukan mengenai warna indigo, tapi mengenai orang dewasa yang menyebut diri mereka sebagai ahli dan mengeruk uang dari buku, presentasi dan video."

***

N.W dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa karakteristik anak indigo, yakni saat melakukan foto aura, aura anak indigo tidak selalu menunjukkan warna nila namun menunjukkan cakra ajna yang aktif. Sumber UNS.

***

Pendapat profesional:

Kebanyakan psikolog anak menganggap tren baru ini sebagai pseudosains. Sindrom Asperger, autisme, disfungsi otak minimal, skizofrenia tahap awal dan banyak penyakit lainnya mungkin tersembunyi di balik sebutan "anak indigo". Diantaranya ada yang berbakat, tapi ada pula yang memerlukan pengawasan dokter dan guru profesional. 

Sayangnya, banyak para orang tua yang lebih memilih menyembunyikan masalahnya dengan istilah pseudo-genius dan menyia-nyiakan waktu berharga yang bisa digunakan untuk kepentingan penyembuhan anak.

***

Jalur sistem Religi : 

Keyakinan ada banyak ya, namun disini diambil salah satunya sumber : hops id

Ditulis bahwa kelebihan melihat makhluk halus karena matanya tertipu oleh sihir bangsa jin. Diperjelas kembali, jika kemampuan manusia indigo akibat dari adanya jin yang mengikutinya. Oleh karena itu, dia mampu melihat manifestasi dari jin yang menampakkan diri ke alam manusia. Dan ada juga bagian yang menyampaikan hal tersebut pengaruh jin nasab atau jin keturunan.


Komentar

Posting Komentar